Hubungan Antara Manajemen, Tata Kerja, dan Organisasi
Seperti postingan sebelumnya
saya sudah membahas Organisasi. Pada postingan kali ini saya akan membahas
tentang hubungan antara manajemen, tata kerja, dan organisasi.
Organisasi
menurut Dimock mengatakan bahwa "organization is the systematic bringing together of interpendent part to form a unified whole through which authority, coordination and control may be exercised to archive a given purpose" (organisasi adalah perpaduan secara sistematis dari pada bagian-bagian yang saling ketergantungan/berkaitan untuk membentuk suatu kesatuan yang bulat melalui kewengangan, koordinasi, dan pengawasan dalam mencapai tujuan yang telah di tentukan.
Manajemen
Tata Kerja
- proses kegiatan untuk mencapai suatu tujuan melalui kerja sama antar manusia. Rumusan tersebut mengantung pengertian adanya hubungan timbal balik antara kegiatan dan kerjasama disatu pihak dengan tujuan dipihak lain.
satu cara bagaimana (how) agar sumber-sumber dan waktu yang tersedia dan amat diperlukan dapat dimanfaatkan dengan tepat sehingga proses kegiatan manajemen dapat dilaksanakan dengan tepat.
Hubungan antara manajemen, tata kerja, dan organisasi yaitu:
- Manajemen: proses kegiatan pencapaian tujuan melalui kerjasama antar manusia.
- Organisasi: alat bagi pencapaian tujuan tersebut dan alat bagi pengelompokan kerjasama.
- Tata kerja: pola cara-cara bagaimana kegiatan dan kerjasama tersebut harus dilaksanakan sehingga tujuan tercapai secara efisien.
Kesimpulan
ditemukan hubungan yang saling melengkapi antara manajemen, tata kerja, dan organisasi. Karena ketiganya mempunyai arah tujuan yang sama untuk mencapai kesepakatan bersama secara efisien. Proses mempengaruhi pengambilan keputusan. Proses-proses ini juga merupakan proses-proses organisasional karena lebih penting dari pada manajer individual dalam pengaruhnya pada pencapaian tujuan-tujuan organisasi.
0 komentar:
Posting Komentar