http://www.fcbarcelona.co.id/

Selasa, 21 Oktober 2014

Ciri-Ciri Unsur dari Organisasi


Pengertian Organisasi
Organisasi merupakan berasal dari kata Organanon dalam bahasa Yunani yang berarti alat. Organisasi banyak disampaikan para pendapat ahli, tetapi pada dasarnya tidak ada perbedaan dasar prinsip dan sebagai bahan perbandingan akan di sampaikan beberapa pendapat sebagai berikut:

a.       Chester I. Barnard (1938) dalam buku “The Executive Function” bahwa “organisasi adalah system kerjasama antara dua orang atau lebih”.

b.      James D. Mooney mengatakan “Organization is the form of every human association for the attainment of common purpose” (organisasi adalah setiap bentuk kerjasama untuk mencapai tujuan bersama).

c.       Dimock mengatakan bahwa “Organization is the systematic bringing together of interdependent part to form a unified whole through which authority, coordination and control may be exercised to achive a given purpose”(organisasi adalah perpaduan secara sistematis dari pada bagian-bagian yang saling ketergantungan/berkaitan untuk membentuk suatu kesatuan yang bulat melalui kewenangan, koordinasi, dan pengawasan dalam usaha mencapai tujuan yang telah ditentukan.

Ciri-ciri Organisasi

 Seperti yang telah dijelaskan organisasi memiliki 3 unsur dan memiliki ciri-ciri sebagai berikut :

a.       Adanya kelompok orang yang dikenal
b.      Kegiatan yang berbeda, tetapi satu sama lain saling berkaitan merupakan satu kesatuan
c.       Memberikan suatu kontribusi, seperti : pemikiran, tenaga, dan lain-lain.
d.      Adanya kewenangan, koordinasi, dan pengawasan.
e.       Tujuan yang ingin dicapai organisasi.

Unsur-unsur Organisasi

Unsur-unsur organisasi sebagai berikut:

1.      Manusia
2.      Kerjasama
3.      Tujuan bersama
4.      Peralatan
5.      Lingkungan
6.      Kekayaan alam
7.      Kerangka/kontruksi metal

Secara garis besar organisasi memiliki 3 unsur, yaitu:

1.      Manusia
2.      Kerjasama
3.      Tujuan bersama

Dari ketiga unsure tersebut saling berkaitan dan manjadi satu kesatuan. Dari beberapa organisasi yang telah diberikan para ahli tidak ada satupun yang memiliki kebenaran terjadi.

Teori Organisasi

Teori organisasi adalah suatu konsefsi, pandangan, tinjauan, ajaran, pendapat atau pendekatan tentang pemecahan masalah organisasi untuk mencapai suatu tujuan. Masalah adalah yang segala sesuatu berhubungan dengan kepentingan organisasi yang memerlukan pemecahan dan pengambilan keputusan.

Ada banyak masalah yang dihadapi setiap organisasi dan memerlukan solusi untuk menyelesaikan. Teori organisasi ada pada abad 19 dilatarbelakangi oleh Revolusi Inggris dan lahirnya perusahaan raksasa di Amerika Serikat.

Evolusi Teori Organisasi Terdiri atas:

-          Teori klasik teori tipe organisasi (Birokrasi) oleh Max Weber (Sosiolog Jerman) Teori Manajemen ilmiah oleh Fredrick Winslow Taylor (AmerikaTeori) administrative (prinsip-prinsip organisasi) oleh Henry Fayol (Perancis).
-          Teori organisasi dan manajemen Neo klasik
-          Teori modern
-          Teori organisasi dan manajemen jepang

5 Golongan Organisasi Modern (Prajudi Atmosudirdjo):

-          Teori organisasi klasik
-          Teori organisasi hubungan antar manusia.
-          Teori proses.
-          Teori prilaku.
-          Teori sistema.

4 Macam Teori Organisasi (Amitai Etzioni):

-          Teori klasik (scientific management).
-          Aliran hubungan manusia (human relations).
-          Sistem pendekatan struktural.
-          Teori pembuatan keputusan.


9 Macam Teori Organisasi (Wusanto, 2003:260-274):

-          Teori organisasi klasik.
-          Teori organisasi birokrasi.
-          Teori organisasi human relations.
-          Teori organisasi perilaku.
-          Teori organisasi proses.
-          Teori organisasi kepemimpinan.
-          Teori organisasi fungsi.
-          Teori organisasi pembuatan keputusan.
-          Teori organisasi kontingensi.

8 Pendekatan Teori Organisasi (Harold Koontz dan Cyrill o’Donnell):

-          Pendekatan pengalaman atau kasus (the empirical, or case approach).
-          Pendekatan perilaku antar pribadi (the interpersonal behavior approach).
-          Pendekatan perilaku kelompok (the group behavior approach).
-          Pendekatan kerjasama sistem sosial (the cooperative social system approach).
-          Pendekatan sistem teknik sosial (the sociotechnical system approach).
-          Pendekatan pusat komunikasi (the communication-center approach).
-          Pendekatan operasi (the operational approach).

Teori Organisasi :

1.      Teori Organisasi Klasik (Teori Tradisional)
a.       Teori Birokrasi.
b.      Teori Administrasi.
c.       Manajemen Ilmiah.

2.      Teori Neoklasik (Teori hubungan antar manusiawi).
ð  Menekankan pentingnya aspek psikologis dan sosial karyawan.

3.      Teori Organisasi Modern

ð  Semua unsur organisasi sebagai satu kesatuan dan saling ketergantungan



sumber

0 komentar:

Posting Komentar

Popular Posts

Blogger templates

Diberdayakan oleh Blogger.

Kontributor

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Total Tayangan Halaman

Powered By Blogger

Blogger templates